Blog kini tak hanya menjadi aktivitas hobi untuk tempat menulis. Blog kini telah menjelma menjadi salah satu tempat pebisnis untuk memasarkan produk di Internet. "Kalau saya ditanya kapan terjun di dunia blogging? saya menekuni dunia blogging sudah 5 tahun dan bahkan masih aktif memposting" Jajang Nurjaman Blogger Kampung. Fenomena ngeblog, kini didominasi oleh gaya generasi muda yang lebih suka menuangkan ide maupun berbagi dan membuat mereka tentu sudah tidak asing dengan blog. Namun, ada dukung penuh dari penguasa internet yaitu Google untuk menimbulkan kecintaan generasi muda pada blog. Salah satunya dengan membuat sebuah wadah aktivitas ngeblog dengan gratis untuk anak muda agar mereka bebas berekspresi, seperti penggunaan blog yang disajikan para Blogger yang isinya beragam sesuai minat. Dengan membiarkan anak muda berekspresi bebas sesuai karakter dan tren sekarang, Google sebagai pihak yang mengembangkan Blogger pun meyakini lambat laun akan timbul kecintaan dan berdampak positif. Para anak muda akan lebih mengetahui banyak lagi tentang blog tentunya dan mengerti dari penggunaanya secara baik dan benar. Generasi muda, sebagai tonggak penting untuk kemajuan budaya sangat bagus menyalurkan minat dan bakat melalui blog. Dengan mencintai blog mereka juga dapat turut aktif memperkenalkan budaya di NKRI kepada masyarakat dunia. Meski belum banyak masyarakat mengenal blog sebagai tempat pemasaran (marketing) yang sangat hebat, tapi kini telah banyak yang meliriknya. Hal ini terbukti dari antusias ratusan ribuan blogger yang telah membuat blog di blogspot.com. Melalui review judul "blog itu marketingku" ini, saya tak hanya mendorong generasi muda untuk memakai blog untuk sebagai hobi semata, tetapi juga berharap setiap masyarakat mengenal lebih dekat pemasaran produk dalam blog Sebelumnya, hari blogger nasional bulan lalu juga telah mencuri perhatian pebisnis nasional di Negeri ini menjadikan blog merupakan wadah yang tepat untuk pemasaran produk. Berbagai sambutan positif telah hari Blogger Nasional di pada bulan oktober lalu, antara lain dengan pembahasan keterkaitan antara blog dan marketing "harapan saya, saya mengharapkan akan lebih banyak lagi para penulis blogger yang mau mengangkat produk dalam negeri, seperti membuat banyak konten tentang ulasan produk asli buatan Indonesia". Marketing Internastional melalui blog memang sangat tepat karena dilihat Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi literatur yang tinggi, baik dari sisi kualitas maupun bisnis.

Bagaimana Caranya Supaya Blog Menjadi Wadah Marketing?

Sebelum para blogger menekuni marketing dalam dunia blogging, mari kita bahas pengertian dari marketing. Pemasaran atau dalam bahasa inggrisnya Marketing adalah merupakan sebuah proses dari penyusunan terperinci dalam menyajikan informasi mengenai salah satu barang atau jasa yang berhubungan pada kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran ini seiring zaman mulai modern dengan menjadi konsep pemasaran online melalui situs-situs blog. Mulai dari produk untuk kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan gaya hidup dapat mudah ditemukan di Internet. Seseorang yang menerjuni bidang pemasaran biasa disebut pemasar (blogger). Pemasar atau blogger ini sebaiknya harus memiliki pengetahuan dan prinsip pemasaran yang baik agar semua kegiatan pemasaran dapat tercapai yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang dituju.

Strategi pemasaran Online di Blog

Strategi pemasaran online di Blog tentu saja menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan karena strategi pemasaran merupakan salah satu cara agar produknya laku dipasaran. Hal ini juga didukung oleh Google Indonesia, menurut saya "Strategi terbaik untuk promosi adalah dengan mengadakan kontes SEO untuk para Blogger untuk menulis serangkaian ulasan yang menggambarkan sebuah produk atau perusahaan agar terkenal dan menduduki peringkat pertama di mesin pencari Google dengan target kata kunci sesuai produk atau perusahaan." Saya yakin orang akan mengklik blog atau situs yang berada di halaman pertama google, dan optimasi SEO diperlukan karena sebagian atau bahkan banyak orang mencari referensi melalui Google. Marketing atau pemasaran tentu harus dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh para konsumen. Berikut ada beberapa tips agar blog sahabat semua menjadi wadah marketing yang sukses, paparannya di bawah ini.
  • Blogger harus mampu menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan produk. jenis pemasaran ini juga meliputi berbagai informasi, mulai dari penjelasan produk, desain produk, kelebihan produk, kekurangan produk, pembuat produk, sampai cara pemesanan dan informasi alamat serta nomor perusahaan yang memproduksi produk tersebut.
  • Blogger harus menggunakan tata bahasa yang mudah dimengerti sehingga konsumen memahaminya dan produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Umumnya, pemasaran online berkaitan dengan bekerjasama dengan beberapa kegiatan bisnis lainnya agar menjadi sempurna. Strategi pemasaran ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu di bawah ini paparannya.
    1. Desain Blog yang mudah diakses
    2. Pemaparan yang ditulis bermutu
    3. Rajin promosi
    .
konsumen akan melirik produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan sehingga penulis harus memfilter produk yang akan dijadikan ulasan dengan melihat dari harga yang kompetitif, kenyamanan dan respon cepat apabila ada konsumen yang bertanya. Dari pembahasan di atas ada beberapa hal perlu disimpulkan, bahwa blog bisa menjadi tempat marketing produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen adalah bersumber dari blogger atau penulis untuk fokus pada kegiatan blogginya .Pemasaran yang hebat harus adanya kerjasama, sehingga dapat menciptakan sinergi yang sukses di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
  • Apa pendapat tentang blog sebagai penyumbang konten marketing? Itu memang betul, buktinya di Indonesia banyak mengajak blogger untuk ikut serta dalam dunia marketing. Para perusahaan biasanya menjalankan aksi promosi dengan mengadakan Kontes Blog atau Kontes SEO.
  • Bagaimana seharusnya konten marketing yang baik dari sebuah blog post? Banyak sekali faktor yang mempengaruhi konten dalam blog lebih berkualitas. Namun pada intinya adalah kejujuran dan agar kejujuran itu dapat kepercayaan harus didukung pula dengan fasilitas ngeblog seperti memiliki domain dan hosting pribadi jika Anda serius mengeluti dunia marketing. Ini akan memberikan kepercayaan pada konsumen, kalau menggunakan blog gratisan akan menimbulkan anggapan dari konsumen "situsnya saja pakai domain gratisan, pasti produk yang dijual KW".
Terimakasih sudah membaca tulisan ini. Sponsor Indosat Love Blogger Camp Indonesia